Halaman

Senin, 12 September 2022

Koneksi Antar Materi – Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

        Pendidikan hakikatnya ialah memberi ilmu yang berfaedah buat hidup anak-anak baik lahir maupun batin. Menuntun segala kodrat yang ada agar mereka mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

        Tugas kita sebagai pendidik hanyalah menuntun tumbuh kodrat anak agar dapat memperbaiki lakunya. Ibarat Petani yang dengan tekun memelihara padi, memberi pupuk dan air yang cukup, terkadang juga harus membasmi ulat dan gulma penggangu agar padi dapat tumbuh subur dengan buah yang lebat.

        Tumbuhkanlah padi sperti layaknya padi. Begitu juga dengan kita sebagai Pendidik harus senantiasa sabar dan tekun serta penuh kasih sayang menuntun, yakni mengarahkan dan membimbing anak yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, serta berusaha memberikan suri tauladan yang baik.

        Anak lahir dengan kekuatan kodrat yang masih samar. Tujuan pendidik ialah menuntun anak untuk menebalkan garis samar agar dapat memperbaiki lakunya supaya menjadi manusia seutuhnya.

        Mendidik harus menyesuaikan dengan zaman, begitu pula pola pengajaran. Pendidikan menciptakan ruang bagi murid untuk bertumbuh secara utuh agar mampu memuliakan dirinya dan orang lain (merdeka batin) dan menjadi mandiri (merdeka lahir).

    Merdeka Belajar memungkinkan anak untuk memilih kompetensi apa yang mau dipelajarinya dan paling berguna bagi kehidupan masa depan mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Modul 3.1

3.1.a.8   Koneksi Antar Materi Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan kepu...